• Info Terkini

    Saturday, August 15, 2020

    Latihan menulis dengan membuat rangkuman



    Hai sahabat penulis, bagaimana kabarnya? Pernahkah kalian saat latihan menulis, namun mengalami kebuntuan ide? Apa yang kalian lakukan?

    Sahabat penulis... Penulis pemula maupun penulis profesional perbedaannya hanya terletak pada jam terbang. Untuk pengalaman ke-10 tentu berbeda rasanya dengan pengalaman ke-1.  Tapi semua pengalaman berawal dari langkah pertama.

    Tahukah kalian semua penulis profesional juga mengalami pengalaman menulis ke-1. Yaitu sebuah langkah awal sebelum menjadi penulis profesional. Dan semua penulis juga pernah mengalami kebuntuan ide, lho. Maka, sesuai judul di atas, ternyata latihan menulis dapat dengan cara: merangkum sebuah bacaan. 

    Sebuah buku akan sangat mudah dipahami dengan cara: kita membuat catatan tersendiri terhadap inti sari dari buku tersebut. Merangkum yaitu dengan menulis ulang kalimat-kalimat penting yang sudah kita temukan.

    Saat menulis rangkuman, kalian perlu bersemangat. Kalau bisa dalam satu buku harus tuntas. Yaitu telah kita catat semua kalimat inti di masing-masing halaman, sampai halaman terakhir.

    Untuk memahami kembali isi buku. Maka kita tidak perlu membuka buku kembali. Cukup kita membaca rangkuman yang sudah kita catat. Kita sempurnakan ejaan bacaannya, sehingga mudah dipahami. Dan bisa juga kita jadikan sebagai sinopsis. Kita bentuk seperti buku saku, untuk mudah kita bawa dan simpan.

    Berlatih menulis dengan membuat rangkuman, sangat besar manfaatnya. Selain kita bisa menulis dan menghasilkan karya tulis. Menulis rangkuman dapat meningkatkan kecerdasan dan analisa diri kita. Yaitu kita dapat dengan mudah menentukan bagan, alur, pemetaan kalimat inti, tema dan topik dari sebuah buku.

    Dengan berlatih menulis menggunakan rangkuman, efek kecerdasan analisa akan dapat meningkat. Sekaligus menjadi langkah awal, menumbuhkan kepercayaan diri dalam menulis. Karena latihan menulis dengan membuat rangkuman, akan langsung dapat menghasilkan karya tulis.

    Nah, sederhana bukan? Latihan menulis untuk pemula, maupun untuk profesional. Saat mengalami kebuntuan ide, dapat dicoba dengan cara membuat rangkuman. Semoga berhasil. 😊

    Sumber foto: Google

    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Latihan menulis dengan membuat rangkuman Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top