• Info Terkini

    Saturday, August 15, 2020

    Profil Penulis: Ratino (Penulis Buku Terpilih Terbit Gratis Tahap Sembilanbelas di FAM Publishing Berjudul “Tajam Rindu Itu”)


    RATINO, merupakan penulis kelahiran Cilacap, 6 Maret 1985 yang berkecimpung dalam dunia pendidikan sejak menjadi mahasiswa di Universitas Gadjah Mada (UGM). Di sela-sela kesibukannya menjadi mahasiswa ketika itu, ia rutin memberikan les privat untuk anak-anak tingkat SMP. Selain memberikan les privat, ia pun rajin menulis di media massa. Tulisan-tulisannya mengenai sosial, budaya, edukasi, cepern anak, dan dongeng anak sering dimuat di media massa seperti Suara Merdeka, Kedaulatan Rakyat, Minggu Pagi, dan beberap koran lokal lainnya. Ia menamatkan pendidikan di Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, UGM pada tahun 2007. Kemudian di tahun 2009 lulus Program Akta Mengajar IV di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST), Yogyakarta. Masa kecil hingga remaja bersekolah di SD Negeri 1 Menganti, SMP Negeri 7 Cilacap, dan SMA Negeri 2 Cilacap. 

    Pernah mengajar di SMK Telekomunikasi Tunas Harapan, Kabupaten Semarang dari 2007—2008 sebagai guru bahasa dan sastra Indonesia. Dari tahun 2009 – 2010 menjadi penulis lepas di media ataupun penerbitan lokal dan nasional. Dari tahun 2011—2016 mendapatkan tugas dari pemerintah menjadi guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Sadang, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Penulis pun pernah menjadi Instruktur Nasional di tahun 2016. Sejak Oktober 2016 hingga sekarang berpindah tugas menjadi guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Selain mengajar, penulis juga aktif dalam dunia sastra baik sebagai kontributor penulis maupun sebagai peneliti bahasa dan sastra. Hal tersebut ditunjukkan dengan keaktifannya menulis cerpen yang kemudian dibukukan menjadi antologi oleh Balai Bahasa Jawa Tengah dengan judul Menipu Arwah (2019). Pada tahun 2019 juga mengikuti seminar kesastraan sebagai “pemakalah” yang diselenggarakan Balai Bahasa Jawa Tengah dan hasil penelitian tersebut telah dijadikan Prosiding Hasil Penelitian Kesastraan 2019.  Kegiatan lainnya adalah menjadi narasumber kepenulisan yang diadakan beberapa instansi. Buku-buku umum yang pernah ditulisnya adalah UFO Fact: Bukti-bukti Kunjungan Alien di Bumi (2008), Otak Atik Taktik Nuklir (2014), Piknik Unikku: Sebuah Kumpulan Cerita Pendek Anak Inspiratif (2014), Teaching Like Playing: Menjadikan Mengajar Seindah Bermain (2020), Sistem Kilat Semalam (SKS) Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia SMP/MTs (2020). Selain itu, aktif mengelola grup media sosial facebook yang beranggotakan para remaja bernama Hiperbola yang berisi kreativitas menulis puisi dengan berbagai tema. Kecintaannya dalam dunia kesastraan dituangkan dalam karya ini sebagai dokumentasi yang dapat dibaca siapa saja. 

    Pembaca bisa berinteraksi di: 
    A. twitter: @ratino_arkanant 
    B. email: ratino_arkananta@yahoo.com 
    C. YouTube: edu sinau.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Profil Penulis: Ratino (Penulis Buku Terpilih Terbit Gratis Tahap Sembilanbelas di FAM Publishing Berjudul “Tajam Rindu Itu”) Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top