• Info Terkini

    Saturday, August 8, 2020

    Strategi Belajar Mengajar


    Judul: Strategi Belajar Mengajar
    Penulis: Farida Catur Wahyu Anggriyani, M.Pd
    Kategori: Nonfiksi
    ISBN: 978-623-7902-50-8
    Terbit: Agustus 2020
    Tebal: x + 302 hal: 14 x 21 cm
    Harga: (dokumentasi penerbit/penulis)
    Penerbit: FAM Publishing Bekerjasama dengan TS Publisher



    Strategi belajar mengajar adalah suatu sistem menyeluruh yang terdiri dari sejumlah kompunen, yakni kompunen masukan (input), kompunen proses, kompunen produk (output). Di dalam setiap kompunen tercakup sejumlah variable yang saling berhubungan, berinteraksi, saling bergantungan, dan berinterpenetrasi (saling menerobos) satu dengan lainnya untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

    Komponen masukan terdiri dari target populasi (sejumlah siswa) dengan berbagai kemampuan dasar yang telah dimilikinya, (entry behavior). Pada sumber-sumber teknis terdiri dari alat, perlengkapan, fasilitas, ruangan, sumber-sumber biaya dan informasi, sedangkan Kompunen proses terdiri dari program pengajaran, metode, teknik bimbingan, prosedur evaluasi, strategi perbaikan. Pada kompunen produk terdiri dari perilaku siswa yang telah diperbaiki atau dikembangkan (improved performance), sesuai dengan tujuan-tujuan pengajaran yang hendak dicapai. Secara operasional.

    Semua guru dan tenaga kependidikan lainnya harus memiliki kemampuan pelaksanaan proses belajar mengajar. Kemampuan ini merupakan persyaratan untuk membantu siswa dalam rangka mencapai tujuan pengajaran. Di sisi lain, kemampuan tersebut merupakan tumpuan bagi keberhasilan belajar siswa, baik di sekolah maupun di luar sekolah.

    Para guru perlu menguasai macam-macam strategi belajar mengajar, baik teoritik maupun praktek, yang meliputi aspek-aspek, konsep, prinsip dan teknik. Hal-hal tersebut dipelajari melalui kegiatan tatap muka, kegiatan mandiri dan latihan-latihan praktek secara bertahap dan berkesinambungan, terarah dan bertujuan.

    Dalam implementasi Standar proses pendidikan, guru merupakan kompunen yang sangat penting, sebab keberhasilan pelaksanaan proses pendidikan sangat tergantung pada guru sebagai ujung tombak. Oleh karena itu upaya peningkatan kualitas pendidikan seharusnya dimulai dari pembenahan guru. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki guru adalah bagaimana merancang suatu strategi belajar mengajar di kelas yang sesuai dengan tujuan atau kompetensi yang akan dicapai, karena kita yakin tidak semua tujuan bisa dicapai oleh hanya satu strategi tertentu. Dalam Strategi Belajar Mengajar guru juga harus memperhatikan bagaimana melakukan interaksi yang baik dan luwes kepada peserta didik agar tercipta kenyaman, dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru. Media pembelajaran juga harus diperhatikan oleh guru sebagai pendukung tercapainya tujuan pembelajaran dikelas.


    *Buku tidak tersedia stok. Cetak sesuai pesanan.


    [Info pemesanan dan penerbitan di FAM Publishing hubungi Call Center: 081350051745, atau melalui penulis. Bisa juga via email: aishiterumenulis@gmail.com, dan kunjungi web kami di: www.famindonesia.com]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Strategi Belajar Mengajar Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top