• Info Terkini

    Thursday, September 3, 2020

    Latihan Menulis dengan Media Sosial


    Hai sobat penulis, bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu, amiiin. Dari judul di atas kira-kira apa yang akan kita bahas? Kita akan membahas latihan menulis dengan media sosial. Seperti Facebook, Whatsapp, Twitter, Instagram, dan lain-lain.

    Kita semua tahu, bahwa media sosial memiliki dampak yang positif dan juga dampak negatif. Mungkin di media sosial kita kesulitan memilih dan memilah pertemanan yang baik untuk kita. Namun jika kita memiliki komunitas yang baik dan berusaha untuk konsisten dalam tujuan komunitas tersebut, maka seluruh anggotanya berupaya untuk saling menjaga kemurnian tujuan komunitas tersebut. 

    Kita sebagai penulis pemula, cobalah untuk menulis ulang konsistensi tersebut, karena akan sangat disukai oleh komunitas. Kita bisa mencoba menulis mulai dari kolom komentar. Dengan komentar yang terencana, tersusun, dan tertulis dengan rapi, teman-teman di komunitas pasti akan merespon tulisan kita dengan baik. Hal ini sangat berpengaruh pada semangat penulis pemula. Respon yang baik dari sekitar kita terhadap karya tulis kita, seperti tombol jempol 'like' adalah sebuah motivasi.

    Cara latihan menulis lainnya yaitu dengan membuat status, dari susunan tulisan yang kita buat. Tulisan status tersebut dapat kita ambil dari kolom komentar yang telah mendapat respon positif. Maka kita akan lebih percaya diri. Dan selanjutnya kita dapat memulai membuat tulisan baru pada kolom komentar dan status dengan tahapan seperti sebelumnya.

    Hal yang perlu diwaspadai dalam bermedia sosial adalah agar tidak terpengaruh dengan komentar maupun dampak negatif. Bila perlu segera hapus pertemanan, terhadap teman yang memberi pengaruh negatif.

    Cobalah latihan menulis seperti di atas. Tak terasa Anda akan melewati beberapa proses latihan menulis. Hingga akhirnya Anda telah berkontribusi membagikan cerita, ilmu pengetahuan atau pengalaman yang bermanfaat di media sosial.

     Lakukan latihan menulis ini secara terjadwal. Misalkan minimal satu hari satu tulisan. Maka hal ini tentu akan melatih kemampuan Anda untuk menulis. 

    Silakan dicoba! Semangat yaa! Semoga tulisan Anda mendapat respon positif yang ramai. 😊

    Sumber foto: Google

    (TIM PENULIS FAM)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Latihan Menulis dengan Media Sosial Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top