• Info Terkini

    Saturday, November 10, 2012

    12 Kunci Sukses Belajar Menulis di FAM Indonesia

    [Untuk Dipedomani Penulis Pemula Anggota FAM Indonesia]
    1. Kirim karya tulismu, bisa berupa puisi, cerpen atau cuplikan novel untuk diulas Tim FAM Indonesia. Dari ulasan itu, kamu dapat mengetahui lebih-kurangnya karya yang kamu tulis.

    2. Jadilah seorang penulis yang memiliki rasa keingintahuan yang tinggi. Buatlah pertanyaan terkait bidang tulisan yang kamu tekuni, lalu berkonsultasilah kepada Tim FAM Indonesia.

    3. Point 1 dan  2 di atas, naskah/surat dikirim ke email FAM Indonesia di: forumaishiterumenulis@yahoo.com. Setiap pengiriman email, jangan lupa tuliskan pengantar ditujukan untuk apa naskah yang dikirim. Jangan sekadar lampiran saja tanpa pengantar. Dan jangan lupa tulis nama lengkapmu, nomor ID-FAM, dan asal kota domisili.

    4. Kunjungi selalu blog resmi FAM Indonesia di www.famindonesia.blogspot.com. Ikuti perkembangan terbaru terkait kegiatan-kegiatan FAM Indonesia, update artikel kepenulisan, dan tips-tips menulis ala FAM Indonesia. Bongkar isi arsip blog FAM dan dianjurkan untuk membaca keseluruhan artikel di arsip sehingga kamu memahami apa saja yang sudah dilakukan FAM Indonesia, apa misi dan visinya, tujuan yang diharapkan, dan target apa yang hendak dicapai wadah kepenulisan nasional ini.

    5. Aktiflah di grup “Forum Aishiteru Menulis (FAM) Indonesia” di facebook. Grup ini hanya salah satu media komunikasi sesama anggota FAM yang dikelola admin FAM Indonesia. Bertemanlah dengan seluruh anggota FAM di berbagai kota di Indonesia dan mancanegara. Saling berbagi informasi seputar kepenulisan, wujudkan silaturahim di dunia nyata dengan kegiatan-kegiatan “kopdar” (pertemuan/diskusi-diskusi), dan lainnya. Bila kamu tidak mendapat akses facebook lantaran larangan dari pihak sekolah/pesantren, tidak jadi persoalan. Ikuti setiap hari perkembangan FAM lewat blog www.famindonesia.blogspot.com, sebab di blog itu semua muara kegiatan FAM Indonesia.

    6. Mulailah menulis dengan tema-tema sederhana dan bentuk tulisan yang ringan, seperti puisi pendek. Postinglah puisimu itu di grup FAM, mintalah teman-teman atau Tim FAM mengomentari. Berbagai masukan yang diberikan atas tulisanmu itu terimalah dengan lapang dada, kemudian lakukan perbaikan sehingga karya kamu benar-benar sesuai yang diharapkan.

    7. Ikuti selalu berbagai lomba yang digelar FAM Indonesia dan peluang-peluang penerbitan buku di FAM Publishing bila memungkinkan untuk itu. Lomba menulis tidak hanya di FAM saja, berbagai event lainnya dianjurkan kamu ikuti dan jadilah yang terbaik. FAM akan sangat berbahagia bila anggota resminya berprestasi di berbagai event menulis baik lokal, nasional, bahkan internasional.

    8. “Aktiflah” selalu, baik dengan memposting tulisan, menyapa teman-teman sesama anggota FAM di kolom komentar grup dan menanyakan kepada mereka apa yang telah mereka tulis hari ini. Ingat, di kolom komentar jangan menulis hal-hal ‘ngalor-ngidul’ yang tidak sesuai dengan status/tulisan yang diposting. Sebab itu mengganggu teman-teman yang lain.

    9. Jadilah seorang penulis yang menyenangkan, tidak sombong karena telah merasa mahir menulis. Selalulah berbagi ilmu dan pengalaman kepada teman-teman penulis yang tertarik di dunia tulis menulis dan membutuhkan bimbingan.

    10. Tetaplah bersikap santun, sebab kesantunan itulah ciri khas anggota FAM Indonesia. Santun dalam tulisan, santun dalam sikap dan tindakan keseharian. Ciptakanlah selalu tulisan yang bukan semata memerhatikan estetika (keindahan) bahasa, tetapi juga etika yang mengandung pesan-pesan moral bernilai ibadah. Sebab, kelak di hari akhir, apapun yang kita lakukan di dunia ini akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT.

    11. Berdoalah selalu sebelum menulis, bila perlu berwudhu atau membaca satu-dua ayat Alquran sebelum menulis agar Allah SWT menerangkan hati kita, menyinarinya dengan ilmu dan hikmah serta mendatangkan banyak ide yang tidak terduga.

    12. Selalulah menjaga nama baik FAM Indonesia. Sebab ini rumah kita bersama. Janganlah merusaknya. Di sini kita saling belajar, saling berbagi, saling memotivasi, saling merasakan susah dan senang.

    Inilah 12 Kunci Sukses Belajar Menulis di Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia. Semoga dapat dipedomani untuk kesuksesan bersama.

    Salam santun, salam karya.

    FAM INDONESIA

    www.famindonesia.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    4 komentar:

    1. Assalamualaikum...

      semoga FAM selalu membawa berkah

      bagaimana saya bisa memposting tulisan di grup FAM jika di pesantren tidak boleh FBan. apa tidak ada wadah lain selain FB untuk memposting tulisan anggota FAM yang bernasib seperti saya? saya sangat ingin bertukar komentar dengan teman... mengikuti obrolan dan diskusi setiap harinya...

      mohon solusinya...

      Linatul Hasanah FAM879M, Jember

      ReplyDelete
    2. Waalaikumussalam. Lin Hana yang baik, walau tidak bisa lihat grup, tetap pantau FAM di blog ini ya. Kirim juga tulisannya untuk diulas Tim FAM ke email: forumaishiterumenulis@yahoo.com, nanti ulasannya akan diposting di blog ini. Salam semangat!

      ReplyDelete
    3. "Berdoalah selalu sebelum menulis, bila perlu berwudhu atau membaca satu-dua ayat Alquran sebelum menulis agar Allah SWT menerangkan hati kita, menyinarinya dengan ilmu dan hikmah serta mendatangkan banyak ide yang tidak terduga."

      Saya merasa tenang dengan kalimat ini. Semoga ke depannya saya bisa bergabung bersama FAM menebar kebaikan dengan azas lillah...

      ReplyDelete
    4. Forum ini memang sangat berarti, tidak saja bagi penulis, akan tetapi bagi insan-insan yang gemar membaca dan punya hasrat untuk selalu bersilaturrahim dengan sesama. maju terus FAM Indonesia. Saifzuhri http://saifzuhri-menulis.blogspot.com

      ReplyDelete

    Item Reviewed: 12 Kunci Sukses Belajar Menulis di FAM Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top