• Info Terkini

    Wednesday, October 3, 2012

    Matematika Sederhana "Writerpreneur"

    Dewasa ini, istilah entrepreneur sudah menjadi komoditi. Entrepreneur, diartikan banyak kalangan sebagai wirausaha atau pebisnis. Maka ketika ada orang yang berbisnis di internet, pendidikan, segera akan dipadankan dengan netpreneur dan edupreneur.

    Secara sederhana, para ahli mengatakan bahwa bisnis adalah tentang memberi nilai tambah pada sesuatu. Tentu saja ukurannya materi. Maka, ketika orang ramai membincang writerpreneur, bagaimanakah membuat nilai tambah dari sebuah tulisan?

    Bambang Trim merumuskan dengan sederhana tentang writerpreneur. Katanya, “Writerpreneur adalah seseorang yang mampu mengubah satu rim ‘kertas kosong’ seharga Rp 30.000 menjadi ‘kertas berisi tulisan’ seharga Rp 30.000.000.”

    Bagaimana hitung-hitungannya? Satu rim kertas sama dengan 500 lembar kertas kosong. Jika dibagi lima, maka masing-masing akan setara dengan 100 lembar kertas. Ya, masih kosong. Maka kertas kosong itu harus kita isi dengan tulisan hingga menjadi sebuah buku dengan tebal halaman sebanyak seratus, yang jika menjadi sebuah buku akan berkisar menjadi 112-128 halaman.

    Jika punya posisi tawar tinggi, kata Bambang Trim, satu lembar kertas yang sudah berisi tulisan itu akan dihargai Rp60.000 x 100 halaman = Rp6 juta per buku. Maka dari satu rim kertas, dapat menghasilkan Rp6.000.000 x 5 buku = Rp 30.000.000. Satu buku seharusnya dapat dikejar dalam waktu satu bulan, maka penghasilan seorang writerpreneur akan setara dengan penghasilan pegawai kelas manajemen.

    Kalau lebih produktif, misalnya dapat menghasilkan 2 buah buku per bulan atau satu buku per dua minggu, maka penghasilan seorang writerpreneur setara dengan general manajer kelas menengah.

    Sungguh, ini hanya matematika sederhana. Sangat mungkin membuat selembar kertas kosong yang mungkin harganya Rp25 menjadi berkali-kali lipat. Tentu saja, seorang writerpreneur juga mesti membekali diri dengan pengalaman, intuisi bisnis, dan ketekunan.

    Anda tertarik?

    (Pikiran Rakyat, 2012)

    [sumber: http://ranting-basah.blogspot.com/2012/09/matematika-sederhana-writerpreneur.html]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Matematika Sederhana "Writerpreneur" Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top