• Info Terkini

    Monday, November 5, 2012

    Berulang Kali Kirim Tulisan ke Media, Tapi Tak Dimuat Juga

    Assalamualaikum FAM.

    Saya sudah berulangkali mencoba mengirim karya ke koran lokal, tetapi sampai saat ini belum ada yang diterbitkan. Saya mohon bantuan dari FAM untuk mengirimkan contoh format tulisan yang baik untuk dikirimkan ke redaksi-redaksi koran, karena menurut saya salah satu alasan tidak diterimanya tulisan saya ialah karena karya yang saya kirim tidak sesuai dengan format pengiriman yang ditetapkan oleh redaksi.

    Terima kasih sebelumnya, FAM. Semoga semakin jaya.

    Ari Aditia Sukma
    Pekanbaru

    JAWABAN FAM INDONESIA:

    Waalaikumussalam Wr. Wb.

    Saudara Ari yang baik.

    Pertama, selamat kepada Anda yang telah giat mengirim tulisan ke media massa untuk dipublikasikan. Seorang penulis, tugasnya menulis. Mau diterbitkan atau tidak, itu urusan redaktur media massa, dan sejauh mana kegigihan kita menembus media itu.

    Kedua, Anda harus memerhatikan kembali format naskah yang dikirim ke redaksi koran tersebut. Pelajari seperti apa format naskah yang diterima. Misal, redaksi menerima panjang tulisan 3 halaman, maka Anda tidak boleh mengirim naskah lebih dari 3 halaman. Ikuti aturan redaksi itu. Jangan lupa membubuhkan nama penulis dan biodata penulis di lembar akhir tulisan. Karya Anda juga harus baru dan sesuai momen. Maksudnya, kalau saat ini masih suasana Idul Adha, kirimlah tulisan tentang hikmah berkurban. Jangan Anda kirim tulisan tentang hikmah puasa, karena tidak tetap momennya.

    Nah, kemudian Anda harus rutin mengirim tulisan Anda itu, terus menerus. Seandainya satu judul tulisan Anda ditolak, besok kirim judul yang lainnya. Terus begitu, hingga di suatu hari nanti naskah Anda akan benar-benar diterbitkan.

    Selamat berkarya. Keaktifan Anda adalah kesuksesan Anda.

    Salam santun, salam karya!

    FAM INDONESIA
    www.famindonesia.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Berulang Kali Kirim Tulisan ke Media, Tapi Tak Dimuat Juga Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top