• Info Terkini

    Tuesday, February 12, 2013

    Apakah Tulisan yang Sudah Terbit di Koran Bisa Dibukukan?

    Selamat pagi, FAMili. FAM Indonesia banyak sekali menerima pertanyaan dari FAMili seputar apakah karya tulis baik berupa cerpen, puisi, artikel dan lainnya yang telah dipublikasikan di surat kabar atau media online bisa diterbitkan lagi menjadi buku?

    Jawaban FAM Indonesia: BISA! Malah karya-karya yang sudah diterbitkan di surat kabar tersebut layak dibukukan karena sudah melewati jalur editor yang super ketat di surat kabar tersebut. Artinya, tulisan yang terbit di surat kabar adalah tulisan yang dianggap layak terbit dan layak dibaca publik. Jika ingin diterbitkan kembali menjadi buku, tidak ada larangan, malah FAM menilai itu lebih baik.

    Beberapa orang di antara Tim FAM Indonesia juga merupakan jurnalis dan penulis lepas di sejumlah media massa nasional. Karya-karya mereka yang diterbitkan di berbagai media dianggap sayang sekali jika dibiarkan “berserakan” tanpa disatukan menjadi buku. Maka terbitlah beberapa buku dan sebagiannya telah berada di tangan pembaca.

    Maka, kesimpulannya, kumpulkanlah kembali tulisan-tulisan Anda itu, lalu susunlah menjadi naskah buku. Untuk buku puisi minimal 100 halaman, buku cerpen minimal 150 halaman, novel minimal 200 halaman. Lalu tawarkanlah ke penerbit-penerbit konvensional (mayor) yang Anda kenal, kemudian Anda harus bersabar menunggu kabar sampai buku Anda itu dinyatakan layak terbit. Bila jalur penerbit konvensional sulit ditembus, maka alternatif lain yang tak kalah baik Anda tempuh adalah dengan menerbitkan buku Anda di Penerbit Self Publishing yang saat ini tumbuh subur di Indonesia. Tinggal Anda memilih mana Penerbit Self Publishing yang profesional dan melayani Anda dengan baik hingga buku Anda terbit.

    Jadi, banyak jalan menuju penerbitan buku Anda. Tinggal menumbuhkan niat, minat, dan semangat untuk tidak pantang menyerah. Salam sukses untuk Anda.

    TIM KONSULTASI FAM INDONESIA
    www.famindonesia.com

    Gambar sekadar ilustrasi, diambil dari google.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Apakah Tulisan yang Sudah Terbit di Koran Bisa Dibukukan? Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top