• Info Terkini

    Tuesday, April 16, 2013

    Bolehkah Membukukan Tulisan yang Sudah Pernah Terbit di Buku Antologi Bersama?

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Saya mau bertanya. Karya tulis saya ada di beberapa buku cetakan FAM Publishing. Jika misalnya saya menerbitkan cerpen saya yang ada di buku antologi bersama yang ada di buku cetakan FAM ke dalam karya pribadi garapan sendiri, yang isinya beberapa kumpulan cerpen dan salah satu cerpen yang pernah FAM terbitkan disertakan juga di buku tunggal saya nanti, apakah itu boleh? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

    ADE UBAIDIL
    FAM1198M, Cilegon.

    JAWABAN FAM INDONESIA

    Waalaikumussalam Wr. Wb.

    FAM Indonesia memberikan apresiasi atas minat Ade untuk menerbitkan buku tunggalnya berupa kumpulan cerpen. Apakah boleh mengumpulkan cerpen-cerpen yang sudah diterbitkan di berbagai buku antologi bersama lalu menjadikannya sebagai buku tunggal? Jawabannya boleh-boleh saja, namun dengan syarat pada cerpen-cerpen tersebut dibubuhkan keterangan bahwa cerpen itu sudah pernah diterbitkan di buku antologi bersama, sebutkan judul bukunya.

    Untuk tahap awal kepenulisan, tidak ada larangan melakukan hal itu, malah semakin memotivasi penulis-penulis pemula untuk berkarya lebih giat ketika mereka sudah punya buku tunggal karyanya sendiri. Namun FAM juga menganjurkan, sebaiknya untuk cerpen-cerpen yang sudah dipublikasikan, termasuk tulisan lainnya, sebaiknya tidak diterbitkan lagi, lantaran sudah pernah terbit, di samping agar penulis lebih fokus terhadap karya-karya terbarunya. Dengan demikian, pembaca pun akan semakin tercerahkan, karena bisa saja, pembaca sudah membaca karya itu di dalam buku antologi bersama, lalu membaca lagi di dalam buku tunggal. Ini untuk menghindarkan kejemuan pembaca.

    Demikian jawaban FAM Indonesia, semoga Ade semakin aktif berkarya.

    Salam santun, salam karya.

    TIM FAM INDONESIA
    www.famindonesia.com

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bolehkah Membukukan Tulisan yang Sudah Pernah Terbit di Buku Antologi Bersama? Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top