• Info Terkini

    Friday, May 31, 2013

    Bagaimana Mengubah Cara Pandang Saya Terhadap Penulis Hebat yang Memiliki Kemampuan Super dalam Berkarya?

    Assalamu’alikum Wr.Wb.

    Apa kabar FAM? Semoga tetap semangat dan semakin banyak menghasilkan karya-karya yang menginspirasi. Aamienn...

    FAM, saya ingin bertanya bagaimana mengubah cara pandang saya terhadap orang-orang yang hebat, yang memiliki kemampuan super dalam berkarya. Saya sadar harusnya karya orang-orang hebat itu dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi buat kita, tapi mengapa saya justru semakin tidak percaya diri?

    Setelah membaca karya-karya tersebut, saya merasa tulisan saya tidak ada apa-apanya dibandingkan karya mereka, sehingga saya tidak berani lagi memplublikasikan karya yang telah saya buat dengan susah payah. FAM, saya mohon sarannya, bagaimana cara mengubah cara pandang saya, agar pikiran-pikiran semacam itu tidak lagi singgah dalam benak saya.

    Terima kasih FAM. Salam Santun, Salam Karya.

    Nora Yuliani
    IDFAM1090U
    Payakumbuh

    Jawaban FAM Indonesia:

    Waalaikumussalam Wr. Wb.

    Nora yang baik. Terima kasih sudah berkirim pesan untuk berkonsultasi dengan Tim FAM Indonesia. FAM sangat senang membaca surat kamu, artinya ada usaha kamu untuk belajar dan terus belajar.

    Orang-orang hebat memang selalu ada di sekitar kita, termasuk penulis-penulis hebat dalam karyanya. Tetapi sebenarnya, tidak ada yang namanya penulis hebat dan penulis yang tidak hebat. Tidak ada juga namanya penulis senior dan penulis yunior. Yang ada adalah penulis yang produktif dan penulis yang tidak produktif. Produktivitas mereka dalam berkaryalah yang menciptakan pandangan di mata banyak orang bahwa mereka itu penulis hebat.

    Tentu, sebelum mereka hebat seperti sekarang ini yang Nora lihat, bertahun-tahun lalu, ketika mereka pertama kali menulis, sama kondisinya dengan Nora yang hari ini baru mulai menulis. Mereka juga pernah jatuh-bangun, dihina dan dicela karyanya yang mungkin tidak tepat EYD-nya, dianggap penulis yang tak berkualitas, dan bermacam komentar negatif lainnya. Tetapi mereka tidak menyerah dengan keadaan itu, mereka tetap berkarya hingga akhirnya sukses menjadi penulis hebat hari ini. Nah, Nora tentu juga bisa demikian, bahkan dapat melebihi kemampuan mereka, asalkan syaratnya terus menerus menulis, terus menerus membaca buku, terus menerus belajar dari karya penulis-penulis hebat itu.

    Bangunlah keberanian itu kembali. Jangan bandingkan karya Nora yang masih pemula dengan karya penulis-penulis yang telah lama berkecimpung di dunia kepenulisan yang Nora anggap hebat itu. Karena mereka sudah melewati proses yang amat panjang. Tinggal Nora mengikuti jejak mereka, menjalani proses itu: menulis-endapkan-editing-minta komentar teman-publikasikan. Nanti, setelah tulisan  Nora terbit, tidak perlu dipusingkan mau dibaca orang atau tidak, mau dibeli orang atau tidak bila berupa buku. Biarkan saja, sebab karya yang kita lahirkan itu akan menemukan nasibnya sendiri. Tugas penulis adalah menulis, terus menulis hingga akhir hayatnya. Tugas penerbit adalah menerbitkan karya penulis jika tulisan itu layak diterbitkan. Tugas pembaca adalah membaca, tergantung mereka suka selera tulisan apa dan bagaimana. Jadi sudah punya porsi tugas masing-masing. Tak perlu pusing-pusing atau takut melahirkan tulisan dan menerbitkannya.

    Buanglah pikiran-pikiran negatif yang dapat menghambat proses kreatif Nora dalam berkarya. Jangan fokus kepada pikiran-pikiran demikian. Fokus saja menulis dan selesaikan tulisan itu hingga titik paling akhir. Jika itu mampu Nora lakukan, maka Nora akan menjadi penulis produktif yang suatu hari nanti, bila masanya telah tiba, Nora pun akan dianggap sebagai penulis hebat, walau kita telah tiada sekalipun. Intinya, niatkan menulis untuk ibadah, untuk berdakwah, dan untuk memberikan manfaat kepada banyak orang sekecil apa pun manfaat yang akan kita berikan itu. Tata kembali niat, tekad dan semangat ya. FAM Indonesia ikut mendoakan dan mendukung Nora berkarya.

    Salam santun,

    TIM FAM INDONESIA
    www.famindonesia.com

    Info penerbitan buku di FAM Publishing (klik) http://www.famindonesia.com/2012/06/terbitkan-buku-anda-di-penerbit-fam.html
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bagaimana Mengubah Cara Pandang Saya Terhadap Penulis Hebat yang Memiliki Kemampuan Super dalam Berkarya? Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top