• Info Terkini

    Thursday, June 27, 2013

    Paket Penerbitan FAM Publishing 2013

    Salam, para penulis Indonesia!

    Kami dari FAM Publishing, sebuah penerbit independen yang merupakan divisi penerbitan Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia, sekarang  telah menyediakan berbagai jenis paket penerbitan untuk buku Anda. Anda tinggal memilih paket mana yang cocok untuk menerbitkan naskah terbaik Anda. Kami menerima naskah fiksi (novel, cerpen, puisi, dll) maupun nonfiksi. Naskah dapat dikirim terlebih dulu ke email: forumaktifmenulis@yahoo.com, untuk dilihat kelayakan terbit. Isi naskah  bersifat umum (tidak harus Islami) dengan catatan tidak berbau SARA dan tidak mengandung pornografi.

    Kami juga menyediakan jasa editing bagi penulis yang naskahnya memerlukan pengeditan. Khusus bagi anggota FAM Indonesia yang menerbitkan naskahnya di FAM Publishing, sejak Juli 2013 mendapat potongan biaya penerbitan Rp50.000,- dan tambahan bukti terbit 1 eksemplar (menjadi 2 buku bukti terbit). Adapun paket-paket penerbitan yang dapat Anda pilih adalah:

    1. PAKET GRATIS
    a. Seluruh proses pracetak sudah dikerjakan penulis. Proses pracetak yang dimaksud meliputi: pengurusan ISBN, design kover, layout halaman isi dan editing naskah. Pihak FAM Publishing hanya memfasilitasi cetak dan promosi di semua media milik FAM Indonesia.

    b. Penentuan harga jual buku ditentukan oleh pihak FAM Publishing.

    c. Penulis tidak mendapat bukti terbit. Jika ingin mendapat bukti terbit, terhitung membeli.

    d. Penulis mendapat royalti 10% dari harga jual buku. Pembelian 11-49 eksemplar, selain mendapat royalti, penulis mendapatkan diskon pembelian. Pembelian 50 eks ke atas terhitung cetak offline dengan diskon lebih besar.

    e. Penjualan dilakukan secara online. Jika penulis ingin mendapat layanan penjualan offline (kedua-duanya/online dan offline) maka setelah bukunya terbit, penulis dapat mengambil paket tiga (3).

    f. Laporan royalti dilakukan setiap 90 hari.

    g. Sistem perjanjian antara penerbit dan penulis adalah selama satu (1) tahun. Setelah satu tahun, perjanjian bisa diperbaharui kembali atau diputuskan (berakhir).

    2. PAKET JASA LAYANAN FAM PUBLISHING
    a. Seluruh proses pracetak dikerjakan oleh Tim FAM Publishing. Proses pracetak yang dimaksud meliputi: pengurusan ISBN, design kover, layout halaman isi, editing naskah dan merapikan naskah.

    b. Penulis hanya menyerahkan biaya penerbitan, dengan rincian sbb:
    - Desain kover dengan kualitas terbaik (sudah termasuk ISBN): Rp500.000,-
    - Editing naskah: Rp1.500,-/halaman
    - Layout halaman isi: Rp2.500,-/halaman
    - Merapikan naskah pralayout: Rp135.000,-

    c. Setelah naskah dinyatakan layak terbit, penulis hanya membayar DP (uang muka) sebesar biaya desain kover/ISBN.

    d. Penentuan harga jual buku ditentukan oleh pihak FAM Publishing.

    e. Penulis mendapat 1 buku bukti terbit (2 buku bukti terbit bagi anggota FAM Indonesia).

    f. Penulis mendapat royalti 10% dari harga jual buku. Pembelian 11-49 eksemplar, selain mendapat royalti, penulis mendapatkan diskon pembelian. Pembelian 50 eks ke atas terhitung cetak offline dengan diskon lebih besar.

    g. Penjualan dilakukan secara online. Jika penulis ingin mendapat layanan penjualan offline (kedua-duanya/online dan offline) maka setelah bukunya terbit, penulis dapat mengambil paket ketiga (3).

    h. Laporan royalti dilakukan setiap 90 hari.

    i. Sistem perjanjian antara penerbit dan penulis adalah satu (1) tahun. Setelah satu tahun, perjanjian bisa diperbaharui kembali.

    3. PAKET CETAK OFFLINE
    a. Paket cetak offline terbatas, yaitu cetak dari mulai 50 eks hingga 500 eks.

    b. Dijual penulis: Jika buku yang dicetak tersebut bertujuan dijual penulis sendiri, maka seluruh pembiayaan cetak dan ongkos kirim dari penulis, diskon lebih banyak (disesuaikan jumlah cetakan), tidak ada royalti (royalti diberikan dalam bentuk diskon), laku atau tidak buku tersebut menjadi tanggungan penulis.

    c. Dijual penerbit: Bagi penulis yang ingin memasarkan bukunya lebih luas (masuk toko buku, sekolah dan menjadi hadiah dalam event-event FAM Indonesia) atau bagi penulis yang merasa tidak memiliki kemampuan menjual/tidak ada waktu untuk memasarkan, maka FAM Publishing membuka layanan cetak offline dengan penjualan total di tangan penerbit. Adapun penulis hanya menyerahkan biaya cetak (sesuai jumlah buku yang dicetak), tidak ada diskon bagi penulis (diskon diberikan dalam bentuk royalti), pendistribusian buku sepenuhnya di tangan penerbit, tidak ada pengembalian stok buku pada penulis (laku/tidak menjadi tanggung jawab penerbit), lama pendistribusian 180 hari hingga 1 tahun. Laporan kepada penulis setiap 120 hari. Seluruh biaya cetak akan diterima kembali oleh penulis pada akhir perjanjian.

    4. PAKET CETAK OFFLINE MULAI 1.000 EKSEMPLAR
    a. Dijual penulis: Jika buku yang dicetak tersebut bertujuan dijual penulis sendiri, maka seluruh pembiayaan cetak dan ongkos kirim dari penulis, diskon lebih banyak disesuaikan jumlah cetakan, tidak ada royalti (royalti diberikan dalam bentuk diskon), laku atau tidak buku tersebut menjadi tanggungan penulis.

    b. Dijual penerbit: Bagi penulis yang ingin memasarkan bukunya lebih luas (masuk toko buku, sekolah dan menjadi hadiah dalam event-event FAM) atau bagi penulis yang merasa tidak memiliki kemampuan menjual/tidak ada waktu untuk memasarkan, maka FAM Publishing membuka layanan cetak offline dengan penjualan total di tangan penerbit. Adapun penulis hanya menyerahkan biaya cetak (sesuai jumlah buku yang dicetak), tidak ada diskon bagi penulis (diskon diberikan dalam bentuk royalti), pendistribusian buku sepenuhnya di tangan penerbit, tidak ada pengembalian stok buku pada penulis (laku/tidak menjadi tanggung jawab penerbit), lama pendistribusian 180 hari hingga 1 tahun. Laporan kepada penulis setiap 120 hari. Seluruh biaya cetak akan diterima kembali oleh penulis pada akhir perjanjian.

    c. Apabila penulis meminta bukunya dimasukkan ke toko-toko berskala nasional, FAM Publishing menjadi pihak fasilitator dengan distributor. Biaya pengiriman buku ditanggung penulis.

    5. PAKET INVESTASI PENERBITAN
    a. Paket ini ditujukan kepada siapa saja yang ingin mensponsori penerbitan di FAM Publishing. Sponsor/investor akan mendapat keuntungan dari proyek penerbitan yang disponsorinya. Pembiayaan ini ditujukan bagi proyek cetak offline dalam jumlah besar, pemasaran buku-buku yang sudah laris, bantuan bagi penulis yang ingin menerbitkan buku tetapi tidak memiliki dana dll. Penjelasan paket ini lebih detail bisa kontak langsung pihak FAM Publishing.

    Demikian, paket-paket penerbitan yang kami tawarkan di Penerbit FAM Publishing. Kami tunggu naskah terbaik Anda. Jika ada hal yang perlu dikonsultasikan, silakan menghubungi kami melalui email: forumaktifmenulis@yahoo.com atau hubungi 081259821511.

    Salam santun,

    FAM PUBLISHINGDivisi Penerbitan FAM Indonesiawww.famindonesia.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Paket Penerbitan FAM Publishing 2013 Rating: 5 Reviewed By: Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia
    Scroll to Top